>

Kamis, 02 Agustus 2012

Operator Bersiap Hadapi Lonjakan Traffic Lebaran

Peristiwa yang harus diwaspadai para operator setiap tahun adalah Lebaran. Tidak hanya traffic semua layanan seluler— voice, SMS, data—yang meningkat drastis, pergeseran pengguna ke berbagai daerah di seluruh Indonesia butuh perhatian khusus.

Karena itu,selain melakukan pengecekan jaringan,para operator juga tidak ragu untuk menambah base transceiver station (BTS) agar kapasitas jaringan tetap terjaga. Telkomsel misalnya,sudah menyiapkan 8.200 BTS baru yang dijadwalkan aktif sebelum 12 Agustus mendatang. ”Sekitar 3.500 BTS di antaranya adalah 3G (BTS node B), sedangkan sisanya 2G,”ujar Head of Network Services and Quality Group Telkomsel Hendry Mulya Syam di Jakarta,Rabu (25/7).

”Saat ini pembangunannya sudah sekitar 80%– 90%,”tambahnya. Banyaknya penambahan BTS 3G ini,menurut Hendry, untuk mengatasi lonjakan trafficyang peningkatannya dari tahun ke tahun luar biasa. Mulai dari Home Location Register, Visitor Location Register, Interligent Network,SMS Center, hingga jumlah Mobile Switching Center(MSC). Pada 2010 ke 2011 misalnya, trafficdata di Telkomsel meningkat dari 41 terabyte (TB) ke 101 TB.

Sementara traffic akses data tahun ini diperkirakan mencapai 160 TB. Tentu saja hal lain yang harus diwaspadai adalah kemampuan handlingpelanggan VLR (visitor location register) yang ditingkatkan menjadi 207 dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik mencapai 35%–45%.”Kita harapkan dapat meng-capture semuanya.

Terutama wilayah yang jadi kantong pemudik seperti Kalimantan,Samarinda, Balikpapan, Palembang, serta di kawasan Pulau Jawa,”ujar dia. Pembangunan jaringan Telkomsel pun tak serta-merta berhenti usai Lebaran.Sebab, usai hari besar umat Islam tersebut,penambahan BTS kembali telah direncanakan hingga akhir 2012.

”Total sepanjang 2012 kami berharap bisa menambah 11.000–13.000 unit BTS.Jadi, setelah Lebaran kami tinggal menambah 4.000– 5.000 unit BTS lagi,”kata Hendry. Untuk proyeksi tarif Lebaran 2012 di jaringan Telkomsel diperkirakan ada peningkatan 1,3 miliar SMS dibandingkan tahun lalu yang hanya 890 juta. Juga 2,4 juta MMS dibandingkan 1,2 juta pada 2011,1,15 miliar menit suara dibandingkan 1,08 miliar menit pada 2011,serta data yang mencapai 160 TB dibandingkan tahun lalu yang sekitar 130 TB.

Adapun PT XL Axiata Tbk (XL) sudah melakukan hal yang sama.Mereka mulai menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat.Uji jaringan juga digelar di sejumlah daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic pada Jumat–Sabtu (6–7/7). Antara lain di sepanjang jalur mudik pelanggan,seperti Jakarta,Bandung,Semarang, Surabaya,Yogyakarta, Solo,Lampung, Medan, Palembang,Pekanbaru,Padang, Banjarmasin,Bali, Lombok,dan Makassar.

Uji sinyal yang dilakukan menggunakan peralatan dan metode standar yang diakui secara regulasi.Pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G,mulai dari voice call,video call,SMS (short message service), dan data (internet dan BlackBerry). Saat ini XL sehari-hari melayani trafficpercakapan hingga 600 juta menit.

Sementara untuk trafficSMS adalah 660 juta SMS,dan untuk traffic data sebesar 52 TB. Diperkirakan sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2012 nanti akan terjadi lonjakan traffichingga 20%–30% dari trafficnormal sehari-hari. Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengungkap bahwa jaringan XL didukung teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini,jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan traffic pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

Source : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/515648/

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar