>

Kamis, 02 Agustus 2012

SMSan Memperburuk Kemampuan Berbahasa


​Menyingkat kata, penggunaan singkatan dan inisial agar lebih cepat dan efisien saat SMSan ternyata memperburuk kualitas bahasa Anda. Demikian hasil penelitian terbaru dari peneliti Pennsylvania State University.

"Mereka menggunakan homophone, seperti gr8 (great) untuk besar atau menyingkat LOL untuk tertawa terbahak-bahak. Bahkan, remaja banyak menyingkat kata 'would' menjadi wud," jelas peneliti Drew Cingel, dilansir melalui Medicaldaily (31/7).

Menurut Cingel, kebiasaan ini sangat cepat menyebar dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Remaja yang terbiasa menggunakan bahasa SMSan akan sangat sulit untuk kembali beradaptasi untuk berkomunikasi saat berada di situasi normal.

Untuk membuktikan pendapatnya, Cingel menguji beberapa siswa kelas tiga SMP di Pennsylvania. Ia memberikan tes tata bahasa dan mewawancarai peserta mengenai kebiasaan SMSan.

Temuan yang diterbitkan dalam New Media & Society menunjukkan, remaja yang terbiasa menyingkat kata cenderung memiliki nilai rendah pada tes tata bahasa dibandingkan teman-temannya yang jarang melakukan kebiasaan ini.

"Jika Anda mengirimkan anak dengan pesan singkat menggunakan adaptasi kata, maka kemungkinan anak akan menirunya. Adaptasi ini memengaruhi kemampuan bahasanya, terutama perkembangan bahasa dan kemampuan tata bahasa," tambah peneliti S Shyam Sundar.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar